Senin, 19 Desember 2016

6 Hal Yang Harus Anda Cek di Mobil Anda

Jakarta - Sebagai pemilik mobil, kita harus terus memperhatikan kondisi kendaraannya agar bisa terus berjalan dalam kondisi baik. Bahkan meskipun kita termasuk pengendara yang malas sekalipun 6 hal ini harus selalu kita cek.

Secara singkat 6 hal tersebut adalah ban, oli mesin, rem, lampu, pendingin, dan wiper. Sebuah video yang muncul di YouTube seperti bisa Anda lihat di bawah ini mungkin bisa jadi panduan buat Anda yang malas ngoprek mobil.

kaca film mobil murah

Ban adalah hal pertama yang harus diperhatikan karena bersentuhan langsung dengan jalanan sehingga mengeceknya secara rutin merupakan prioritas utama. 

Mengecek ban bisa dengan membuka buku manual mobil kita atau melihat stiker yang berisi informasi ban di bagian samping pintu pengendara soal tekanan ban. Setelah itu lihat kondisi ban apakah ada retakan atau tidak.

Yang kedua oli mesin. Oli mesin berfungsi untuk melubrikasi semua komponen yang bergerak. Secara sederhana level oli mesin bisa di cek setiap 2-4 minggu sekali, ini membantu agar mesin kita tetap awet. Jika level oli mesin rendah bisa diisi tapi jangan sampai berlebih memenuhi mesin dan menyembur. Kalau oli mesin kita harus diisi secara terus menerus berarti ada sesuatu masalah di mobil anda. 

Ketiga, cek pedal rem. Sebaiknya pedal rem di cek setiap dua bulan sekali juga perhatikan cakram rem. Selain itu apabila saat mengerem terdengar suara, ganti pedal rem secepatnya. 

Keempat, cek lampu mobil anda. Cek semuanya sebelum melakukan perjalanan, saat diparkir nyalakan seluruh lampu dan cek apakah ada yang mati atau tidak. Ini cukup penting terlebih jika kita melakukan perjalanan malam hari. 

Kelima perhatikan pendingin mobil. Pastikan air radiator pendingin terisi karena pada saat mobil berjalan semua komponen bergerak pasti menghasilkan panas. Pendingin ini di pompa ke blok mesin kemudian menyerap panas dan membawanya kembali ke radiator sebelum memulai prosesnya lagi dari awal. Jika kita membiarkan level pendingin turun mesin menjadi bermasalah. 

Terakhir wiper pada kaca mobil. Kita jarang membersihkan kaca mobil jika memang tidak diperlukan, seperti misalnya debu yang tebal sudah menghalangi jarak pandang saat menyetir. Ini penting untuk selalu mengisi air wiper. Di Inggris malah wiper yang tidak ada isinya bisa kena denda sampai 1.000 poundsterling.

Sumber :DetikOto, Penulis :Dina Riyanti

0 komentar:

Posting Komentar